-->

PENGERTIAN ESTETIKA DAN PENJELASAN PARA AHLI

A.     Estetika

Membicarakan tentang estetika tak bisa lepas dari keindahan dan seni.Pengertian estetika menurut para ahli juga meliputi kedua hal tersebut karena memang kedua nya saling berhubungan dan memiliki keterkaitan dalam hal ilmu.Istilah estetika pertama kali muncul pada taun 1735 diperkenalkan oleh ahli filsuf miror bernama A.G baumgarten. Istilah ini berasal dari bhasa yunani aistheton atau aisthetika yang bermakna kemampuan untuk melihat melalui pengindraan.


Makna lain menyebutkan bahwa estetika juga bisa bearti ilmu mengenai segala hal yang bisa di rasakan oleh perasaan,sebabagi salah satu cabang filsafat.estetika memiliki pengertian yang 
lebih luas yakni sebuah ilmu yang membahas mengenai keindahan proses terbentuknya dan cara seseorang merasakan keindahan tersebut, estetika juga berhubungan dengan nilai sensoris yang di anggap sebagai penilaian pada sentiment dan rasa.

PENGERTIAN ESTETIKA DAN PENJELASAN PARA AHLI



Pada masa modern saat ini, estetika bisa diartika dalam tiga hal, yakni ilmu mengenai fenomena estetis, fenomena persepsi, dan seni sebagai hasil dari pengaaman estetis. Ketiga hal  tersebut menjadi makna estetika yang sesuaidengan perkembangan zaman yang semakin memperluas ilmu filsafat, seni, dan keindahan. 

Mengapa estetika selalu dikaitkan dengan hal-hal yang berbau seni? Karena estetika mengandung keindahan yang dapat dipandang dan dirasakan. Untuk itu, setiap ada perumpamaan keindahan dan seni dalam bidang ilmu filsafat, estetika menjadi istial yang dipakai secara umum.




B. Estetika Menurut para Ahli

1.Herbert read

HerbertRead mendefinisikan  bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan – pencerapan
inderawi kita. Pada umumnya orang beranggapan bahwa yang indah adalah seni atau bahwa seni adalah selalu indah, dan bahwa yang tidak indah bukanlah seni. Pandangan semacam ini akan menyulitkan masyarakat dalam mengapresiasi seni sebab ini tidak harus selalu indah, menurut pendapat Herbert Read.

Kesimpulan

Dari pendapat Herbert read bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencapan –pencerapan inderawi kita.pada umumnya orang beranggapan bahwa yang indah adalah seni atau bahwa seni adalah selalu indah dan bahwa yang tidak indah bukanlah seni.



2. Bruce Allsop

Bruce Allsopp (1977) Estetika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari proses-proses penikmatan dan aturan-aturan dalam menciptakan rasa kenyamanan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari Bruce Allsop adalah mempelajari proses-proses penikmatan dan aturan-aturan dalam menciptakan rasa kenyamanan dalam seni.



3. J.W. Moris

(1985) Estetika dikenakan pada obyek yang memiliki nilai indah atau tidak indah. (sering di perukarkan dengan seni/art).
 Estetika = Aesthetics Seni = Art.

Kesimpulan

Berdasarkan J.W.Moris estetika merupakan objek yang memiliki nilai indah atau tidak indah bagi yang melihat nya.


4. Plato

Dalam teorinya Plato mengatakan bahwa watak yang indah adalah hukum yang indah.

Kesimpulan

kesimpulan dari teori plato dia atas ialah sesuatu yang awalnya indah akan selalu menjadi indah untuk selamanya.


5. Dra. Artini Kusmiati

Dalam buku Dra.Artini Kusmiati hal:5, menjelaskan bahwa Estetika adalah kondisi yang berkaitan dengan sensasi keindahan yang di rasakan seseorang, tetapi rasa keindahan tersebut baru 
akan di rasakan apabila terjalin perpaduan yang harmonis dari elemen-elemen keindahan yang terkandung pada suatu objek.

Kesimpulan

Berdasarkan arahan di atas dapat di simpulkan bahwa Estetika merupakan segala hal yang menyangkut keindahan yang ada pada penglihatan seseorang, dan bagaimana seseorang melihat sebuah objek, sehingga objek tersebut mempunyai nilai tersendiri bagi yang menglihatnya.

0 Response to "PENGERTIAN ESTETIKA DAN PENJELASAN PARA AHLI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel